Skip to content

Pembelajaran dan Literasi Spendato

Last updated on 25 Juni 2023

Assalamu’alaikum Wr Wb

salam 2 [musawa.my.id]

Bagaimana kabarnya hari ini ?

Semoga sehat selalu ya..

Jangan lupa jaga kesehatan dan

Patuhi protokol kesehatan yang ada

cuci tangan 2 [musawa.my.id]
pakai masker [musawa.my.id]

Jika ada yang sakit, saya doakan cepat sembuh..

semoga cepet sembuh ya ..[musawa.my.id]

Sebelum membahas materi lebih lanjut

Yuk.. kita berdoa terlebih dahulu

Agar informasi yang disampaikan dapat dipahami dengan baik

Berdoa dimulai……

……

Selesai.

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan Cara Belajar Efektif dan GLS

Ups.. Ngomong-omong sudah kenal belum ya sama saya..?

Pasti sudah banyak yang kenal…

sudah kuduga [musawa.my.id]

Owh..ada yang belum kenal ya..

Baiklah, kalau begitu kita kenalan dulu ya..

saya... [musawa.my.id]

Nama saya Bu Mustikawati

Biasa di panggil Bu Mus atau Bu Mustika

Suami hanya Satu ya..

Anak Baru Dua…

Mengampu mapel matematika

Usaha di rumah, Bimbel Matematika..

bimbel musawa [musawa.my.id]
bimbel musawa [musawa.my.id]

Ada lagi yang ingin di tanyakan ?

Klo ada tulis di kolom komentar ya..

Selama pertanyaanya yang positif, tidak berbau SARA, Ujaran Kebencian dll

Insya Allah, Ibu jawab..

Yuk.. kita mulai penjelasan materinya..

Simak baik-baik ya..

Apa itu Pendekatan Saintifik ?

Sebelum kita menuju cara belajar efektif

kita harus tahu terlebih dahulu kurikulum sekolah kita

Sekolah kita, SMP N 2 Todanan menggunakan Kurikulum 2013

Dalam kurikulum 2013 yang digunakan sekarang,

Model-model pembelajaran yang digunakan sangat beragam

namun, semuanya menggunakan pendekatan saintifik.

Apa itu saintifik ?

yuk.. browsing di internet untuk mencari jawabannya

kalau sudah ketemu, jawaban tulis di kolom komentar ya..

jangan lupa sebutkan nama lengkapmu dan kelas..

semangat ya..[musawa.my.id]

Kegiatan dalam Proses pembelajaran saintifik ?

Proses pembelajaran saintifik memuat aktivitas:

a. mengamati,

b. menanya,

c. mengumpulkan informasi/mencoba,

d. mengasosiasikan/mengolah informasi, dan

e. mengomunikasikan.

Contoh penggunaan 5M dalam kegiatan pembelajaran ?

1. Mengamati

mengamati 1 [musawa.my.id]

Siswa menggunakan panca inderanya yang sesuai dengan materi yang sedang dipelajari.

Misalnya :

untuk pembelajaran IPA Siswa mengamati pelangi,

untuk mata pelajaran Bahasa Inggris Siswa mendengarkan percakapan,

untuk mata pelajaran bahasa Indonesia Siswa membaca teks, dan

untuk mata pelajaran IPS Siswa mengamati banjir.

Siswa dapat mengamati fenomena secara langsung maupun melalui media audio visual.

2. Menanya

bertanya 1 [musawa.my.id]

Siswa merumuskan pertanyaan tentang apa saja yang tidak diketahui atau belum dapat lakukan terkait dengan fenomena yang diamati.

Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dapat mencakup pertanyaan-pertanyaan yang menghendaki jawaban berupa pengetahuan faktual, konseptual, maupun prosedural, sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.

3. Mengumpulkan informasi/eksperimen

diskusi 2 [musawa.my.id]

Siswa mengumpulkan data melalui berbagai teknik, misalnya melakukan eksperimen, mengamati, obyek/kejadian/aktivitas, wawancara dengan narasumber, membaca buku pelajaran, dan sumber lain di antaranya buku referensi, kamus, ensiklopedia, media massa, atau serangkaian data statistik.

4. Mengasosiasikan/mengolah informasi

menalar 1 [musawa.my.id]

Siswa menggunakan data atau informasi yang sudah dikumpulkan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mereka rumuskan.

5. Mengomunikasikan

presentasi [musawa.my.id]

Siswa menyampaikan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan yang ada secara lisan dan/atau tertulis atau melalui media lain.

Pada tahapan pembelajaran ini Siswa dapat juga memajang/memamerkan hasilnya di ruang kelas, atau mengunggah (upload) pada blog yang dimiliki.

Apa saja Karakter Utama Siswa yang diharapkan ?

 Dalam kegiatan pembelajaran diharapkan terbentuk karakter siswa :

1. Religiositas

  • Beriman dan Bertaqwa
  • Menjalankan segala perintah-Nya
  • Disiplin beribadah
  • Bersih
  • Peduli lingkungan lingkungan
  • Memanfaatkan lingkungan dengan bijak
  • Toleransi
  • Saling menolong/menghormati 
  • Cinta damai
  • Peduli sosial

2. Nasionalisme

  • Cinta tanah air
  • Semangat kebangsaan
  • Menghargai kebhinnekaan
  • Demokratis
  • Rela berkorban
  • Taat hukum

3.Kemandirian

  • Kerja keras (etos kerja)
  • Kreatif dan inovatif
  • Disiplin
  • Tangguh
  • Rasa ingin tahu dan menghargai prestasi
  • Gemar membaca/pembelajar sepanjang hayat

4. Gotong Royong

  • Kerja sama
  • Solidaritas
  • Kekeluargaan
  • Bersahabat/komunikatif
  • Berorientasi pada kemaslahatan bersama

5. Integritas

  • Kejujuran
  • Keteladanan
  • Tanggungjawab
  • Antikorupsi
  • Komitmen moral
  • Cinta pada kebenaran

Tambahan terbaru yaitu

6. Pelajar Pancasila

  • Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia
  • Berkebinekaan Global
  • Gotong Royong
  • Mandiri
  • Bernalar Kritis
  • Kreatif 

Apa yang dimaksud Literasi ?

Literasi dalam konteks GLS adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan informasi secara cerdas.

Atau

Literasi adalah kemampuan menggunakan berbagai keterampilan dalam kehidupan.

Apa yang dimaksud Gerakan Literasi Sekolah (GLS) ?

Sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.

Apa Tujuan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) ?

Menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah agar mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Literasi Dasar ?

Bagaimana siswa menerapkan keterampilan dasar sehari-hari.

Ada 6 Literasi Dasar, yaitu :

1. Literasi bahasa  (Baca / Tulis)

literasi baca tulis 1 [musawa.my.id]

Melek pengetahuan dan kemampuan membaca dan menulis, mencari, menelusuri, mengolah dan memahami informasi untuk menganalisis, menanggapi,  dan menggunakan bahasa dan sastra secara cendekia.

2. Literasi numerasi

literasi-numerasi [musawa.my.id]
  • menggunakan berbagai macam angka dan simbol-simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari.
  • menganalisis informasi dan mampu mengolahnya ke dalam berbagai macam bentuk presentasi numerasi (grafik, tabel, bagan, dsb.).
  • membangun interpretasi terhadap informasi angka dan simbol numerik lainnya.

3. Literasi sains

literasi-sains [musawa.my.id]
  • Kemampuan untuk menggunakan pengetahuan sains, mengidentifikasi pertanyaan, menarik kesimpulan dalam rangka memahami serta membuat keputusan yang berkenaan dengan alam.
  • Seseorang disebut literat terhadap sains, jika memiliki kompetensi untuk:

       1. Menjelaskan fenomena sains

       2.Mengevaluasi & mendesain pengetahuan & keterampilan sains secara mandiri

       3.Menginterpretasi data & bukti sains

4. Literasi digital (teknologi informasi & komunikasi)

literasi digital [usawa.my.id]
  • Kecakapan (life skills) yang tidak hanya melibatkan kemampuan penggunaan perangkat teknologi, informasi dan komunikasi semata, tetapi juga kemampuan bersosialisasi, kemampuan dalam pembelajaran, maupun memiliki sikap, berpikir kritis, kreatif, serta inspiratif sebagai kompetensi digital.

5. Literasi finansial

literasi finansial [musawa.my.id]
  • Kemampuan untuk memahami bagaimana uang berpengaruh di dunia (bagaimana seseorang mengatur untuk menghasilkan uang, mengelola uang, menginvestasikan uang dan menyumbangkan uang untuk menolong sesama).
  • Rangkaian proses atau aktivitas untuk meningkatkan pengetahuan, keyakinan, dan keterampilan konsumen dan masyarakat sehingga mereka mampu mengelola keuangan dengan baik.

6. Literasi budaya dan kewargaan

literasi-budaya-dan-kewargaan [musawa.my.id]
  • Kemampuan untuk memahami, menghargai dan berpartisipasi secara mahir dalam budaya.
  • Kemampuan untuk berpartisipasi secara aktif dan menginisiasi perubahan dalam komunitas dan lingkungan sosial yang lebih besar.
literasi [musawa.my.id]
literat abad 21 [musawa.my.id]

Info Lengkap Gerakan Literasi Nasional

Apa yang harus saya lakukan ?

  1. Menjalankan Ibadah sesuai agama dan kepercayaan
  2. Menjaga sopan santun baik di rumah, lingkungan dan sekolah
  3. Menjaga Kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan
  4. Menjaga hubungan baik dengan teman, orang tua, lingkungan dan sekolah
  5. Membiasakan diri untuk membaca dan semangat untuk belajar
  6. Aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran

Bagaimana Cara Belajar yang Efektif ?

Sediakan tempat yang nyaman untuk belajar

tempat nyaman 2 [musawa.my.id]

Walaupun kelihatan sepele, tempat juga berpengaruh untuk meningkatkan mood belajar kita

Ciptakan suasana yang nyaman untuk belajar

Pemilihan waktu yang tepat sangat berpengaruh dengan kebiasaan kita.

tiap siswa mungkin cara belajarnya berbeda,

suasana nyaman [musawa.my.id]

ada yang senang belajar dengan suasana hening

ada juga yang senang belajar sambil mendengarkan musik dll

Sediakan alat-alat penunjang belajar

Kelengkapan alat dalam belajar bisa menjadi penunjang belajar

alat belajar 2 [musawa.my.id]

apa jadinya jika kita sedang serius belajar

tapi bingung mencari alat untuk mengerjakan tugas tersebut

bisa jadi mood belajar langsung turun

Pastikan koneksi Internet lancar

jaringan [musawa.my.id]

dalam pembelajaran daring, internet sangatlah penting

dengan koneksi internet yang lancar

kita bisa mendapatkan materi yang disampaikan

bisa mencari informasi untuk mengerjakan tugas

dan bisa mengirim tugas kita jika sudah selesai

Fokus Belajar dan Buat Rangkuman

dalam belajar daring ataupun luring

kita harus fokus belajar

usahakan tidak belajar sambil nyambi

apalagi nyambi maen game..

ngegame pas daring [musawa.my.id]

kita harus bisa membagi waktu

kapan waktu belajar

dan kapan waktu bermain, membantu orang tua dll

sebaiknya materi yang kita peroleh

kita rangkum hal-hal yang sekiranya penting

misalkan rumus… dll

Kerjakan Tugas Tepat Waktu

Dalam pembelajaran daring

kita mendapatkan materi dan tugas

tidak hanya satu mapel sehari

bisa dua, tiga, bahkan empat mapel

jika kita bermalas-malasan

mengulur-ulur waktu

maka tugas kita akan menumpuk

kalau sudah menumpuk kita akan malas dan terbebani

bahkan stress

tugas menumpuk [musawa.my.id]

untuk itu usahakan tugas kerjakan tepat pada waktunya

agar tidak membebani kita suatu hari

Mencari sumber belajar atau refensi lain

jika kita merasa kurang bisa memahami buku paket

maka kita harus mencari tambahan informasi lain

tambahan informasi lain bisa diperoleh dari

browsing internet

bertanya teman, kerabat, ortu dll

tempat nyaman [musawa.my.id]

belajar kelompok dengan teman sebaya

mencari tambahan pelajaran dengan ikut Les privat atau klasikal

dan masih banyak lagi cara untuk mendapatkan informasi..

Jika mengalami kurang memahami pelajaran, apa yang dilakukan ?

komunikasi [musawa.my.id]
  1. Mohon ijin untuk bertanya pada guru mata pelajaran dengan sopan
  2. Gunakan bahasa yang santun ketika bertanya, jika tidak bisa bahasa kromo inggil ya gunakan bahasa indonesia yang baik dan benar.
  3. Jika sudah selesai di jawab, jangan lupa sampaikan terima kasih pada Bapak Ibu Guru.

Jika sudah selesai membaca,

Ketik namamu dan kelasmu di kolom komentar ya..

Published inMateriMateri Umum

30 Comments

  1. Alya Siska Maulidyana Alya Siska Maulidyana

    Apa itu pendekatan saintifik?
    Jawab:Pendekatan saintifik adalah pendekatan yg wajib digunakan pada pembelajaran disekolah,baik disekolah dasar maupun sekolah menengah,berdasarkan aturan kurikulum 2013

  2. M RAFI IBRAHIM M RAFI IBRAHIM

    Pendekatan saintifik adalah pendekatan yang wajib digunakan pada pembelajaran di Sekolah, baik Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah, berdasarkan aturan Kurikulum 2013. Wikipedia

  3. Artanti dwi putri nur santosa Artanti dwi putri nur santosa

    Saya Artanti Dwi Putri Nur Santosa,kelas 7D.

    saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengkonstruk konsep, hukum dan prinsip melalui tahapan – tahapan mengamati (untuk mengidentifikasi atau menemukan masalah), merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisa data, menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang ditemukan.

  4. Surya Jati Nusantara Surya Jati Nusantara

    Saintifik adalah proses pembelajaran yang diracang sedemikianrupa agar peserta didik secara aktif mengkonstruk konsep

  5. Saintifik adalah proses pembelajaran yang di rancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengonstruk konsep hukum dan prinsip melalui tahapan mengamati(untuk mengidentifikasi menemukan masalah /merumuskan Masalah menganjurkan /merumuskan hipotesis mengumpulkan data dengan berbagai teknik meng analisis data menarik kesimpulan dan mendominasi kan konsep hukum atau prinsip yg di temukan

  6. Nihaya Aprilia Arianti Nihaya Aprilia Arianti

    Nihaya Aprilia Arianti
    Kelas : 7A
    Trimakasih sangat bermanfaat

  7. Siti Nuraini kelas 7a Siti Nuraini kelas 7a

    Pendekatan yang wajib digunakan pada pelajaran disekolah, baik sekolah dasar maupun sekolah menengah, berdasarkan aturan kurikulum 2013

  8. Arsya Aulia Khinanti. ( Kelas 7c ) Arsya Aulia Khinanti. ( Kelas 7c )

    Apa itu saintifik ?
    Jawab : Saintifik adalah pendekatan yang wajib digunakan pada pembelajaran di Sekolah , baik Sekolah Dasar maupun Sekolah menengah , berdasarkan aturan Kurikulum 2013

  9. Alya Indira Pratama Putri kelas 7b Alya Indira Pratama Putri kelas 7b

    pendekatan saintifik adalah pendekatan yang wajib digunakan pada pembelajaran di Sekolah, baik Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah, berdasarkan aturan Kurikulum 2013

  10. Friska putri yuliana Friska putri yuliana

    Halo saya friska
    Kelas : 7B
    Apa itu saintifik ?
    Jawab: pendekatan saintifik adalah pendekatan yang wajib di gunakan pada pembelajaran di sekolah , baik baik sekolah dasar maupun sekolah menengah , berdasarkan aturan kurikulum sekolah

  11. Febriana (Kelas 7C) Febriana (Kelas 7C)

    Pendekatan saintifik adalah pendekatan yang wajib digunakan pada pembelajaran di sekolah, baik sekolah dasar maupun sekolah menengah berdasarkan aturan Kurikulum 2013.

  12. Renjana Putri Andika ( Kelas 7a) Renjana Putri Andika ( Kelas 7a)

    saintifik adalah suatu proses pembelajaran yang dirancang supaya peserta didik secara aktif mengkonstruk konsep, hukum, atau prinsip melalui kegiatan mengamati, merumuskan masalah, mengajukan/merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan, dan mengkomunikasikan.

  13. Renjana Putri Andika (Kelas 7a) Renjana Putri Andika (Kelas 7a)

    saintifik adalah suatu proses pembelajaran yang dirancang supaya peserta didik secara aktif mengkonstruk konsep, hukum, atau prinsip melalui kegiatan mengamati, merumuskan masalah, mengajukan/merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan, dan mengkomunikasikan.

  14. ADINCA INTAN CAHYA CANTIKA (kelas 7B) ADINCA INTAN CAHYA CANTIKA (kelas 7B)

    Apa itu saintifik?
    Jawaban : Saintifik adalah pendekatan yang wajib digunakan pada pembelajaran di sekolah, baik sekolah dasar maupun sekolah menengah, berdasarkan aturan kurikulum 2013.

  15. Vania Queenzia Natalian kelas 7c Vania Queenzia Natalian kelas 7c

    Saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengkonstruk konsep hukum dan prinsip melalui tahapan tahapan mengamati (untuk mengidentifikasi atau menemukan masalah ) merumuskan masalah mengajukan atau merumuskan hipotensis mengumpulkan data dengan berbagai teknikmenganalisa data menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan konsep hukum atau prinsip yang ditemukan

  16. Pendekatan saintifik adalah pendekatan yang wajib di gunakan pada pembelajaran di sekolah,baik sekolah dasar maupun sekolah menengah berdasarkan aturan kurikulum 2013.

  17. Pendekatan saintifik adalah pendekatan yang wajib yang wajib digunakan pada pembelajaran di sekolah,baik sekolah dasar maupun sekolah menengah berdasarkan aturan kurikulum 2013

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Don`t copy text!